Saat ini, pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah
mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan.
Selain itu,dengan semakin berkembangan zaman dan meluasnya kemajuan di bidang
komunikasi dan teknologi, serta diketemukannya dinamika proses belajar, maka
pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh
media pendidikan yang bervariasi secara luas pula.
Selain
itu, kontribusi media pembelajaran menurut Kemp and Dayton, 1985:
- Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
- Pembelajaran dapat lebih menarik
- Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
- Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
- Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
- Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
- Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
- Peran guru berubahan kearah yang positif
Dan
juga diperlukannya inovasi dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi
menyenangkan dan menarik bagi anak dan sesuai dengan perkembangan zaman. Nah,
salah satu media yang menarik bagi anak usia dini adalah Komputer.
Bentuk
interaksi yang dapat diaplikasikan dalam media komputer (Heinich,et.al 1996):
• Praktek dan latihan (drill &
practice)
• Tutorial
• Permainan (games)
• Simulasi (simulation)
• Penemuan (discovery)
• Pemecahan Masalah (Problem
Solving)
Pemakaian
Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran Anak Usia Dini:
·
Untuk
Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip,
langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat
menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual
dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran
mandiri. Sebagai contoh: anak dapat berhitung, mengenal berbagai benda
melalui permainan komputer.
·
Untuk
Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games
& simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi yang
menyenangkan bagi anak usia dini. Contohnya antara lain; simulasi dalam
menggambar, mewarnai dan sebagainya.
·
Untuk
Tujuan Afektik
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan
potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran
sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.
·
Pengembangan
Kreativitas dan Bakat Anak
Melalui
komputer dapat melatih bakat anak dan berkreasi melalui program – program yang
ada pada komputer.
Namun, dalam pengenalan komputer sebagai media pembelajaran
bagi anak usia dini juga memiliki kelemahan. Kelemahan media komputer antara
lain:
- Saat sekarang komputer sedikit mahal dan teknologi yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan komputer yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan ketinggalan zaman.
- Jika anak diberi permeinan, anak akan selalu bermain sehingga anak akan malas melakukan kegiatan lainnya.
- Radiasi yang terjadi ketika anak melihat komputer, dapat mengakibatkan anak sakit mata dengan cepat.
- Adanya beberapa program yang tidak cocok dengan usia anak. Sehingga akan memberikan dampak negatif.
http://rahmamelly.blogspot.com/2012/11/pembelajaran-komputer-anak-usia-dini.htm
mengapa tidak adak dampak positif dan negatifnya pembelajaran komputer anak usia dini saya harapkan dapat diberikan dampaknya
BalasHapus