Minggu, 11 Mei 2014

Pembelajaran Komputer Anak Usia Dini



Saat ini, pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Selain itu,dengan semakin berkembangan zaman dan meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, serta diketemukannya dinamika proses belajar, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh media pendidikan yang bervariasi secara luas pula.
Selain itu, kontribusi media pembelajaran menurut Kemp and Dayton, 1985:
  1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
  2. Pembelajaran dapat lebih menarik
  3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
  4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
  5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
  6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
  7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
  8. Peran guru berubahan kearah yang positif
Dan juga diperlukannya inovasi dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik bagi anak dan sesuai dengan perkembangan zaman. Nah, salah satu media yang menarik bagi anak usia dini adalah Komputer.
Bentuk interaksi yang dapat diaplikasikan dalam media komputer (Heinich,et.al 1996):
• Praktek dan latihan (drill & practice)
• Tutorial
• Permainan (games)
• Simulasi (simulation)
• Penemuan (discovery)
• Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran Anak Usia Dini:
·        Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri. Sebagai contoh: anak dapat berhitung, mengenal berbagai benda melalui  permainan komputer.
·        Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi yang menyenangkan bagi anak usia dini. Contohnya antara lain; simulasi dalam menggambar, mewarnai dan sebagainya.
·        Untuk Tujuan Afektik
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.
·        Pengembangan Kreativitas dan Bakat Anak
Melalui komputer dapat melatih bakat anak dan berkreasi melalui program – program yang ada pada komputer.
Namun, dalam pengenalan komputer sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini juga memiliki kelemahan. Kelemahan media komputer antara lain:
  1. Saat sekarang komputer sedikit mahal dan teknologi yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan komputer yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan ketinggalan zaman.
  2. Jika anak diberi permeinan, anak akan selalu bermain sehingga anak akan malas melakukan kegiatan lainnya.
  3. Radiasi yang terjadi ketika anak melihat komputer, dapat mengakibatkan anak sakit mata dengan cepat.
  4. Adanya beberapa program yang tidak cocok dengan usia anak. Sehingga akan memberikan dampak negatif.

http://rahmamelly.blogspot.com/2012/11/pembelajaran-komputer-anak-usia-dini.htm

1 komentar:

  1. mengapa tidak adak dampak positif dan negatifnya pembelajaran komputer anak usia dini saya harapkan dapat diberikan dampaknya

    BalasHapus